Wednesday, January 28, 2009

Membuat Lensa Mata

Lensa mata adalah suatu bagian mata yang memiliki fungsi sebagai pusat penglihatan bagi manusia dengan bentuk, tekstur serta warna yang sangat indah dan berbeda pada setiap orang. Disini kita akan mempelajari bagaimana membuat lensa mata menggunakan Adobe Photoshop CS2.
1.Buat sebuah file baru dengan ukuran 100x100 pixels. Klik File > New lalu gunakan pilihan Background Contens: Transparent untuk warna belakang transparan.
2.Ubah setting warna latar depan (Foreground Color) dengan kombinasi warna R:134 ,G:95 ,B:0 dan warna latar belakang (Background Color) dengan kombinasi warna R:255 ,G:180 ,B:0.


3.Isi warna lembar kerja yang semula berwarna transparan dengan warna putih menggunakan fill.Klik Edit > Fill dan pada kolom Contens pilih Use :White.
4.Selanjutnya, dengan menggunakan Rectanguler Marquee Tool yang terdapat dalam Tool box, buat sebuah seleksi setinggi lembar kerja dan lebar1/5 dari lebar lembar kerja dan tempatkan pada bagian kiri lembar kerja.

5.Isi derah seleksi menggunakan warna latar depan dengan perintah Alt+Backspace, lalu hilangkan daerha seleksi dengan Ctrl+D.

6.Gunakan perintah Image > Adjustment > Invert (Ctrl+I)untuk mengubah tampilan Layer 1 agar dapat mendukung aksi berikutnya.
7.Beri efek tersapu angin pada gambar menggunakan Filter > Stylize > Wind dengan pilihan Method : Wind dan Direction : From The Left.

8.Ulangi langkah 7 sebanyak 3 kaliatau cukup dengan menekan Ctrl+F sebanyak 3 kali.
9.Sekarang kembalikan tampilan warna pada lembar kerja ke warna semula dengan menggunakan perintah Ctrl+I.
10.Klik Tombol Create a new layer pada bagian bawah dari Layers Palette untuk membuat layer baru (Layer 2).
11.Buat sebuah seleksi pada layer 2 seperti langkah 4 dengan posisi 10 pixels dari ujung lembar kerja dan isi dengan warna latar belakang menggunakan perintah Ctrl+Backspace, lalu tekan Ctrl+D untuk menghilangkan daerah seleksi.




12.Klik Filter > Blur > Gaussian Blur dan berikan fek blur pada gambar dengan nilai 4.5 pixels.
13.Lakukan penggabungan dari kedua layer dengan perintah Ctrl+E(Merge Down) sehingga hanya terdapat 1 layer.


14.Kembali kita ubah warna pada gambar dengan mengguanakan Ctrl+I (Invert) dan dialnjutkan seperti langkah 7.
15.Setelah itu kembalikan lagi tampilan warna ke tampilan semula dengan Ctrl+I sekali lagi.
16.Klik Filter > Blur > Motion Blur dengan Angle:0® dan Distance: 30 Pixels.
17.Selanjutnya kita lakukan pemutaran pada gambar sebesar 90® mengguanakn Edit > Transform > Rotate 90®CCW.
18.Lakukan seleksi keseluruhan dari lembar kerja menggunakan Ctrl+A kemudian Copy dengan Edit > Copy.


19.Buat sebuah file baru dengan ukuran 200x200 pixels dengan mengklik File > New dengan Contens : Transparent.
20.Tekan tombol D untuk merubah tampilan warna latar depan dan warna latar belakang dengan warna hitam dan putih.
21.Lembar kerja ini akan kita isi dengan gambar hasil pengcopy-an sebelumnya dengan perintah Edit > Paste atau Ctrl+V.Ualngi sekali lagi untuk memperoleh gambar yang sama.
22.Susun kedua gambar tersebut pada lembar kerja secara sejajar dan posisikan pada bagian tengah dari lembar kerja dan lakukan penggabungan dari kedua layer dengan menekan Ctrl+E.

23.Buat sebuah layer baru dengan menekan tombol Create a new layer di bagian bawah Layers Palette dan tempatkan di bagian bawah dari layer 1.
24.Dengan menggunakan Marquee Tool pada Toolbox, buat seuah seleksi pada bagian atas yang membagi dua lembar kerja secara Horizontal.Lalu isi dengan warna hitam (Alt+Backspace)

25.Balik derah selksi menjadi di uar warna hitam dengan menggunakan Ctrl+Shift+I lalu isi daerah seleksi dengan warna putih (Ctrl+Backspace). Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan area seleksi.

26.Sekarang kiat kembali ke layer 1. Buat daerah seleksi pada ujung sisi gambar menggunakan Rectanguler Marquee Tool dan bagian sisi ujung bawah sambil menekan tombil Shift.

27.Pilih Filter > Blur > Gaussian Blur dan masukkan nilai pada kotak Radius:2.0 pixels.
28.Hilangkan daerah seleksi dengan Ctrl+D. Kemudian lakukanpenggabungan Layer menggunakan Ctrl+E.
29.Klik Filter > Distort > Polar Coordinates dan pilih Options : Rectanguler to Polar, gambar bentuk lensa mata akan terlihat.

30.Langkah selanjutnya kita akan memberikan efek berkilau pada lensa mata dengan membuat layer baru (Layer 3) dan menggunakan Eliptical Marquee Tool pada toolbox buat seleksi lingkaran sempurna dengan ukuran sedikit lebih kecil dari ukuran lensa mata dan tempatkan di bagian tengah gambar dari lensa.

31.Ubah pilihan tool ke Rectanguler Marquee Tool untuk memotong untuk memotongdaerah seleksi berbrntuk lingkaran dengan menarik daerah seleksi sambil menekan tombol Alt. Sehingga akan terbentuk daerah seleksi setengah lingkaran.

32.Isi daerah seleksi menggunakan Gradient Tool dengan bentuk Linier Gradient, format Foreground to Background dan member tanda pada kotak Reverse untuk membalik urutan warna, lalu tarik garis dari atas ke bawah.

32.Langkah terakhir, hilangkan tanda seleksi dengan Ctrl+D lalu ubah Blending Mode dari Normal ke Mode Screen pada Layer 3.

33.Anda juga dapat mengubah tampilan warna dari gambar lensa mata menggunakan Hue and Saturation.
34.Selamat Anda berhasil!!!Ini hasilnya

0 comments:

design and created by bamultidu teams,template by kendhin